Musrenbangdes RKPDes Tahun 2020 Desa Giripanggung

Edy S 09 Oktober 2019 13:55:38 WIB

Giripanggung (giripanggung-tepus.desa.id). Rabu (9/10) Pemerintah Desa Giripanggung menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020. Dalam pemaparan Pemerintah Desa yang diwakili Sekretaris Desa Giripanggung disampaikan tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 dan DURKP tahun 2021.

Pandangan resmi dari unsur Pemerintah Daerah oleh Camat Tepus (Alsito, S.Sos.) menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya Musrenbangdes RKPDes Desa Giripanggung untuk tahun 2020. Untuk kegiatan-kegiatan yang ada dalam Rancangan RKPDes 2020 sudah mencakup semua kegiatan, untuk DURKP 2021 nanti dapat dipertajam nanti pada saat sidang kelompok, karena kegiatan ini yang nantinya akan di bawa ke Musrenbang di kecamatan.

Kasi PMD Kecamatan Tepus (Maryanto) menegaskan tema pembangunan di Kabupaten Gunungkidul adalah penguatan ekonomi untuk kawasan wisata. Kegiatan ditekankan pada pengembangan industri wisata. Karena Desa Giripanggung tidak ada obyek wisata, maka penekanan pada peningkatan kapasitas SDM, bidang pendidikan dan kesehatan, serta pengentasan kemiskinan. Ini dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan pelatihan, jambanisasi, RTLH. Walaupun tidak adan obyek wisata diharapkan bisa memberikan kontribusi di bidang pengembangan pariwisata. Terkait DURKP seharusnya berpedoman pada Kamus E-Musren yang ada pada Bappeda Kabupeten Gunungkidul, tetapi sampai saat ini Kamus E-Musren sendiri belum ada.

Kasi Tapem Kecamatan Tepus (Priyanto) menambahkan Musrenbangdes ini adalah tindak lanjut dari Musdes yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Dalam Musrenbangdes ini Rancangan RKPDes 2020 sudah merupakan perencanaan pasti yang akan dilaksanakan di tahun 2020 oleh Pemerintah Desa Giripanggung yang nanti akan dituangkan dalam APBDes Desa Giripanggung. Pada Musrebangdes ini nanti akan ada acara sidang kelompok, ini untuk membahas DURKP Tahun 2021 yang akan dibawa ke Musrenbang di Kecamatan Tepus.

Pserta Musrenbangdes di Desa Giripanggung antara lain Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Wanita, Pihak-Pihak terkait, serta Unsur Forkompinca Kecamatan Tepus. Peserta yang hadir dalam kegiatan Musrenbangdes kurang lebih 75 orang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kantor Desa Giripanggung

Audio

Layanan Pengaduan

Layanan Pengaduan
Ini adalah formulir pengaduan, silahkan sampaikan kritik maupun saran anda terkait Desa Giripanggung!

Cek Data Pribadi

Cek Data Pribadi
Silahkan Lihat data anda

Lokasi Giripanggung

tampilkan dalam peta lebih besar