Pembekalan Relawan Pendataan SDGs

es 27 April 2021 09:52:54 WIB

Giripanggung (giripanggung-tepus.desa.id). Pemerintah Kalurahan Giripanggung pada hari Senin (26/04/2020) menyelenggarakan pembekalan bagi Relawan Pendataan SDGs. Hadir dalam pembekalan antara lain Relawan Pendataan, Lurah, mitra (PLD, Bhabinkamtibmas, Babinsa), dan Narasumber (Ana Kadarismanto dari Pendamping Desa dan Muhammad Thontowi dari Tenaga Ahli).

Pembekalan Relawan Pendataan SDGs diawali dengan sambutan Lurah Giripanggung menyampaikan bahwa (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Sebelum masuk materi pembekalan Relawan Pendata, diawali dengan pendampingan penginstalan aplikasi yang akan digunakan oleh relawan pendata dalam melakukan pendataan di tingkat RT. Diawali dari pemateri pertama Muhammad Thontowi meyampaikan bahwa SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang sudah masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Dilanjutkan oleh Ana Kadarismanto menyampaikan merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa. Beliau menambahkan dengan selesainya pembekalan ini nanti maka relawan pendata SDGs segera action untuk mendata di masing-masing wilayah RT.

Materi pokok pembekalan adalah penggunaan Aplikasi Pendataan SDGs yang akan digunakan untuk melakukan pendataan oleh Relawan Pendataan SDGs di tingkat RT. Materi ini disampaikan oleh Ana Kadarismanto.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Layanan Via WhatsApp

Audio

Layanan Pengaduan

Layanan Pengaduan
Ini adalah formulir pengaduan, silahkan sampaikan kritik maupun saran anda terkait Kalurahan Giripanggung!

Cek Data Pribadi

Cek Data Pribadi
Silahkan Lihat data anda